Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata Aceh Terfavorit Wisatawan Indonesia

Tempat Wisata Aceh - Tempat Wisata aceh sangat lengkap. Mulai dari wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, sampai Danau dataran besar Terdapat di Aceh. Isu Seputar Perkara pemberlakuan Perda Syariat bukan hambatan. Sejauh cocok ketentuan main, Melancong ke Aceh hendak senantiasa jadi mengasyikkan.


Tempat Wisata Aceh


Sekilas Soal Aceh

Aceh ialah salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status selaku wilayah istimewa serta pula diberi kewenangan otonomi spesial. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra serta ialah provinsi sangat barat di Indonesia.

Aceh mempunyai 13 etnis bangsa asli. Yang terbanyak merupakan etnis Aceh yang mendiami daerah pesisir mulai dari Langsa di pesisir timur utara hingga dengan Trumon di pesisir barat selatan. Etnis lain nya merupakan etnis Gayo, yang mendiami daerah pegunungan di tengah Aceh.

Pada daerah pesisir tepi laut temperatur hawa rata- rata 26, 9°C, temperatur hawa maksimum menggapai 32, 5°C serta minimum 22, 9°C. Antara bulan Maret hingga Agustus Aceh hadapi fase masa kemarau. Sedangkan masa hujan berlangsung antara bulan September sampai Februari.

Kuah Pliek U serta Mie Aceh, merupakan santapan khas provinsi ini. Keduanya bersama kaya hendak bumbu rempah. Mungkin ini pengaruh dari masakan India, yang memanglah banyak memberi warna santapan Aceh.

Transportasi mengarah Aceh lewat jalan darat bisa dicoba dengan kendaraan dari Medan. Kereta api belum terdapat di Aceh. Angkutan Hawa memakai Lapangan terbang internasional Sultan Iskandar Muda. Buat menggapai daerah lain pula terdapat 8 lapangan terbang perintis.


Tempat Wisata Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini berdiri pada tahun 1606- 1636, tepatnya pada dikala pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini awal mulanya dibentuk dengan tujuan buat dijadikan selaku pusat pengajaran ilmu agama yang terdapat di Nusantara.

Tempat wisata Aceh, berbentuk Masjid besar ini mempunyai bidang dalamnya serta bidang luar yang mempunyai style Kesultanan Turki Ustamani yang sangat khas. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna putih dengan kubah gelap yang berdimensi besar serta ada 7 tower yang mengelilinginya.

Masjid ini sanggup menampung sampai 1900 jamaah di dalamnya. Bagian luar dari masjid ini dihiasi dengan kolam dan air mancur yang terdapat di taman masjid Baiturrahman ini. Halamannya yang dipadati rumput rumput bercorak hijau fresh, membuat panorama alam masjid ini nampak begitu sejuk serta asri.

Sebab keelokan yangmenawan ini, tidak salah bila masjid tempat wisata Aceh ini masuk ke dalam 100 masjid yang terindah di dunia.


Masjid ini telah hadapi renovasi sampai 5 kali dan sebagian ekspansi zona. Apalagi masjid ini pernah jadi tempat proteksi warga Aceh dikala musibah tsunami melanda di tahun 2004.


Alamat: Jalan. Moh. Jam Nomor. 1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam


2. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh merupakan suatu museum di Banda Aceh yang dirancang selaku monumen simbolis buat musibah gempa bumi serta tsunami Samudra Hindia 2004. Sekalian pusat pembelajaran musibah serta tempat proteksi darurat andai tsunami terjalin lagi.

Museum ini ialah suatu struktur 4 lantai dengan luas 2. 500 m² yang bilik lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, wisatawan masuk lewat lorong kecil serta hitam di antara 2 bilik air yang besar, buat menghasilkan kembali atmosfer serta kepanikan dikala tsunami.

Bilik museum tempat wisata Aceh ini dihiasi foto orang- orang menari Saman. suatu arti simbolis terhadap kekuatan, disiplin, serta keyakinan religius suku Aceh. Dari atas, atapnya membentuk gelombang laut.

Di tempat wisata Aceh ini, terdapat suatu ruang spesial buat mengenang para korban yang tewas dikala musibah tsunami tahun 2004 silam terjalin. Di ruang ini seluruh nama korban tewas diukir di bilik serta di bagian ujung atas dituliskan lafadz Allah. Ruang ini diberi nama Ruang of Sorrow ataupun Sumur Doa.


Alamat: Jalan. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Tiket: 10. 000

Jam Buka: 09. 00- 16. 00


3. Sabang Pulau We

Tempat wisata Aceh Sabang ialah kota dengan destinasi wisata yang harus didatangi. Pulau sangat ujung Indonesia ini pula ialah kota dengan keelokan tepi laut yang masih bersih serta natural. Pantainya juga tidak kalah unik.

Sabang sangat populer dengan keelokan pantainya. Pantai- pantai di Sabang memanglah populer masih sangat natural, dengan air laut yang sangat jernih.

Tepi laut Iboih ialah salah satu destinasi wisata terkenal di Sabang yang banyak didatangi turis lokal ataupun mancanegara. Tepi laut ini mempunyai hamparan pasir putih yang menarik, ditambah air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang menawan.


Pantai

Anoi Itam dalam bahasa Aceh berarti pasir gelap. Asal pasir bercorak gelap di tepi laut ini mungkin berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Dengan pasirnya yang gelap, tepi laut ini nampak sangat eksotis. Keelokan dasar laut tepi laut ini pula jadi energi tarik sendiri untuk wisatawan.

Tidak hanya bisa menikmati indahnya pasir tepi laut putih serta gelap, di kota tempat wisata Aceh ini, pula ada tugu yang sangat populer. Tugu Km Nol. Tugu ini dibentuk buat mencirikan titik mula daerah Negeri Kesatuan Republik Indonesia.


Alamat: Pulau we, Aceh

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam


4. Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata Aceh, Air Tejun Blang Kolam lumayan besar. Mempunyai ketinggian dekat 75 m. Air terjun yang indah ini, nampak asri serta natural sebab di sekelilingnya di dasar rimbunnya pepohonan serta mempunyai atmosfer hutan lumayan rimbun.

Hutan di sisi kanan serta kiri anak tangga yang mengarah Air Terjun Blang Kolam masih sangat rimbun. Hawa sejuk membuat wisatawan tempat wisata Aceh ini merasa fresh. Terlebih jika terbiasa dengan hiruk pikuk kota yang penuh asap polusi.

Sembari menuruni tangga mengarah Air Terjun Blang Kolam, wisatawan tempat wisata Aceh ini dapat mencermati suara cicit burung. Ataupun pula monyet yang berseliweran di pepohonan. Kesegaran sebetulnya hendak menunggumu pas di ujung anak tangga itu.

Sehabis letih dikala menuruni tangga, pengunjug hendak di sambut debur air yang jatuh seolah langsung mengobati seluruh penat di tubuh. Di bagian atas air terjun, Hendak nampak suatu genangan air yang seolah ditampung di dalam suatu cangkir raksasa.

Di dekat Air Tejun Blang Kolam, Kamu pula dapat menciptakan penjual santapan serta minuman di posisi, sehingga Kamu tidak butuh takut bila rasa lapar menggangu liburan Kamu di tempat ini.


Alamat: Sido Muliyo, Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh

Tiket: 10. 000

Jam Buka: 08. 00- 18. 00


5. Air Terjun Suhom

Posisi dari tempat wisata Aceh Air Terjun Suhom memanglah tersembunyi dibalik pegunungan. Wisatawan dapat bertanya kepada warga setempat ataupun menggunakan dorongan gps. jalur mengarah ke air terjun lumayan kecil serta cuma dapat dilalui oleh satu mobil saja.

Dari jarak 100 m, wisatawan telah dapat mendengar sayup- sayup suara gemericik air terjun yang jatuh menimpa bebatuan. Rasa letih dari ekspedisi panjang, mendadak hendak terasa lenyap kala memandang air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 m di depan mata.

Air Terjun Suhom mempunyai 3 tingkatan, dengan keelokan yang berbeda. Disekeliling air terjun pula dipadati bebatuan besar, yang dapat digunakan wisatawan tempat wisata Aceh ini buat duduk- duduk santai sembari menikmati percikan air terjun yang fresh.

Pada air terjun ini ada suatu kolam yang terletak di dasar air terjun. Kolam tersebut mempunyai kedalaman dekat 2 m serta lebar 5 m sehingga tidak dianjurkan buat anak kecil berenang di kolam ini.

Mayoritas cuma orang berusia yang berenang dikolam tersebut ataupun menikmati air yang jatuh membahasi segala badan. Sensasinya sangat luar biasa, turis hendak merasakan pengalaman refleksi natural kala terletak di dasar air terjun ini.


Alamat: Tunong Krueng Kala, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

Tiket: 5. 000

Jam Buka: 24 Jam

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Aceh Terfavorit Wisatawan Indonesia"