Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alun-Alun Kidul Wisata Ketika Di Jogja

Alun-Alun Kidul - Yogyakarta ialah suatu kota yang mempunyai sejarah dan kebudayaan yang sangat kental, sehingga hingga dengan dikala ini kota yang berjuluk kota pelajar ini senantiasa ramai didatangi para turis yang tiba dari bermacam belahan dunia.

Sejarah yang jadi bagian Yogyakarta salah satunya yakni selaku tempat asal mula berdirinya salah satu organisasi terbanyak di Indonesia ialah Muhammadiyah.

Terlepas dari perihal tersebut, bila kalian mendatangi Yogyakarta tidak lengkap perjalananmu bila belum mendatangi Alun- Alun Kidul Yogyakarta.

Yogyakarta mempunyai Alun- Alun yang sangat luas sehingga dibagi jadi 2 bagian ialah Alun- Alun Kidul serta Alun- Alun Utara( Alun- Alun Lor), kedua Alun- Alun tersebut tadinya memiliki guna tiap- tiap.

Kali ini aku hendak mangulas menimpa Alun- Alun Kidul yang terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta, dengan karakteristik khasnya yakni hadirnya 2 buah tumbuhan beringin besar.

Alun- Alun Kidul senantiasa ramai didatangi terlebih bila malam datang, atmosfer berbeda hendak nampak terasa. Banyak keseruan yang bisa kalian jalani kala terletak di mari.

Berikut pembahasan lengkap menimpa Alun- Alun Kidul Yogyakarta:


Alun-Alun Kidul


Lokasi Alun- Alun Kidul

Posisi Alun- Alun Kidul Yogyakarta terletak di sebelah selatan Keraton, tepatnya terletak di Jalan. Alun- Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta.


Rute Mengarah Alun- Alun Kidul

Rute mengarah Alun- Alun Kidul Yogyakarta sangatlah gampang, lokasinya sangat gampang dijangkau dari bermacam arah. Tidak hanya itu tempat wisata yang satu ini bersebelahan dengan Malioboro serta Tamansari.

Bila kalian bergerak dari Nol Km Yogyakarta cuma membutuhkan waktu dekat 15 menit dengan memakai andong ataupun becak. Ataupun bila memakai kendaraan individu tinggal memusatkan kendaraanmu ke arah selatan mengarah Jalan. Pangurakan,

Setelah itu kala datang di perempatan belok ke arah timur, kalian hendak melewati Alun- Alun Utara belok ke kanan terus lurus. Kemudian kalian hendak merambah wilayah keraton kala memandang perempatan belok ke kiri terus lurus sampai kalian menciptakan 2 buah beringin besar di tengah lapangan.


Jam Buka Alun- Alun Kidul

Jam operasional Alun- Alun Kidul Yogyakarta dibuka tiap hari Senin sampai Minggu sepanjang 24 jam nonstop. Jadi kalian bisa mendatangi posisi wisata memiliki ini kapan saja kalian ingin. Waktu terbaik mengunjunginya yakni kala sore ataupun menjelang malam hari.


Tiket Alun- Alun Kidul

Tiket masuk Alun- Alun Kidul ini free, kalian cuma butuh menghasilkan duit buat membayar tiket parkir saja ialah sebesar:


  • Parkit motor dengan membayar Rp. 2. 000 per unit
  • Parkir mobil lumayan membayar Rp. 5. 000 per unit
  • Sarana Alun- Alun Kidul

Sarana universal yang terdapat di Alun- Alun Kidul Yogyakarta antara lain :


  • Zona parkir
  • Toilet
  • Warung- warung santapan serta minuman


Penginapan

Selayang Pandang Alun- Alun Kidul Yogyakarta

Saat sebelum kita bahas lebih jauh menimpa apa saja yang dapat kita jalani kala terletak di Alkid Yogyakarta, hendaknya kita memahami terlebih dulu tentang sejarah yang sempat terukir di zona tersebut.

Alun- Alun Kidul ataupun Alun- Alun Selatan pula diketahui dengan nama Alun- Alun Pengkeran( Alun- Alun Balik), Lokasinya terletak di dalam benteng keraton, dengan ditanami 2 buah tumbuhan beringin di tengahnya.

Tumbuhan beringin tersebut dinamakan Supit Urang, dipagari dengan memakai ornamen yang berbentuk bulatan serta wujud busur, pagar tersebut diucap pula Ringin Kurung.

Tidak hanya kedua tumbuhan ikonik tersebut terdapat pula Tumbuhan Pakel( Mangga) dan Tumbuhan Kweni, yang dipercaya melambangkan kedewasaan( akil baligh) serta keberanian( wani).

Alun- Alun Kidul ini berdimensi dekat 150×150 m dengan 5 bukaan selaku jalur keluar masuk mengarah posisi. Ialah Jalan. Langenastran Kidul, Jalan. Langenastran Lor, Jalan. Ngadisuryan, Jalan. Patehan Lor, serta Jalan. Gading. Kelima jalur tersebut melambangkan indera manusia.

Guna utama Alun- Alun Selatan ataupun Alun- Alun Kidul ini tadinya selaku tempat berlatih para prajurit Keraton pula selaku tempat pengecekan pasukan menjelang upacara Garebeg.

Alun- Alun tersebut dibentuk olah Pangeran Mangkubumi, pendiri Kesultanan Yogyakarta yang mahir dalam ilmu filsafat ataupun arsitektur. Keahliannya tersebut disalurkan dalam struktur ruang kesultanan Yogyakarta dengan mempunyai simbol- simbol yang penuh arti.

Bangunan- bangunan pendukung yang lain juga bersumber pada pada sumbu filosofis, garis imajiner yang membentang lurus antara Tugu Golong Gilig serta Panggung Krapyak, tercantum antara lain Alun- Alun Kidul serta Alun- Alun Lor.


Macam Wisata Di Alun- Alun Kidul Yogyakarta

1. Atmosfer Yang Menenangkan

Alun- Alun Kidul diyakini selaku tempat rehat( Palereman) untuk para Dewa, oleh karena itu tempat ini oleh sebagian orang digunakan selaku tempat Ngleremke Ati ataupun Menentramkan Hati.

Suasananya memanglah sangat menenangkan, terlebih bila pagi hari dimana belum banyak orang yang tiba penuhi Alun- Alun Kidul Yogyakarta ini.

Hawa sejuk membilas jiwa serta raga yang menginginkan kedamaian, dibalut dengan atmosfer yang penuh dengan karifan lokal serta bangunan memiliki.

Tidak hanya itu, banyak warga dekat yang lagi jogging mengelilingi alun- alun sembari menghisap hawa fresh yang diberikan.

Di sekitar Alkid berdiri sebagian bangunan dengan ornamen yang sangat menarik, sehingga tempat tersebut bukan cuma selaku tempat tamasya saja tetapi pula selaku tempat wisata budaya pula.

Terlebih bila malam hari, atmosfer hendak berbeda dengan siang hari. Walaupun terasa mistis serta mengerikan tetapi rasa tersebut sedikit terkikis dengan hadirnya warna warni lampu yang menarik di dekat Alkid.


2. Berupaya Ritual Laku Masangin

Satu perihal yang tidak boleh terlewatkan kala terletak di Alkid Yogyakarta, ialah berupaya ritual Laku Masangin. Ialah kalian wajib berjalan lurus mengarah zona tumbuhan beringin dengan menutup mata.

Perihal tersebut memanglah nampak sangat gampang, tetapi nyatanya tidak semudah apa yang kalian bayangkan. Konon katanya mereka yang sukses melaksanakan Laku Masangin cuma orang- orang yang mempunyai hati yang bersih.

Bila kalian bisa terus berjalan lurus serta sukses melewati jalur diantara kedua tumbuhan beringin, hingga seluruh kemauan serta hajatmu hendak terkabul.

Ritual Laku Masangin sudah terdapat semenjak era dahulu, yang pada mulanya cuma dicoba kala melaksanakan Topo Bisu yang berlangsung tiap malam satu Syuro’. Tradisi Topo Bisu dicoba oleh para prajurit dan abdi dalem dengan mengelilingi benteng tanpa mengatakan satu katapun.

Tradisi tersebut dicoba mulai dari taman Keraton mengarah Alkid dengan melewati kedua tumbuhan beringin. Selaku ritual buat mencari berkah dan memohon proteksi dari serbuan musuh.


3. Naik Odong- Odong Istimewa

Kala mendatangi Alun- Alun Kidul di malam hari suasananya hendak sangat berbeda, waktu malam atmosfer di Alkid hendak sangat ramai serta bercorak warni. Dekat Alkid berderet odong- odong yang sudah didesain mempunyai lampu warna- warni yang sangat menawan serta menarik.

Odong- odong tersebut terdapat yang dapat diisi oleh 2 orang hingga dengan 8 orang, harga sewanya juga berbeda ialah buat yang berkapasitas 2 orang membayar Rp. Rp. 30. 000 sebaliknya yang berkapasitas 8 orang Rp. 50. 000 harga tersebut berlaku buat satu kali putaran.

Metode memainkanya yakni dengan mengayuh pedal yang ada di dalam odong- odong, seperti semacam mengayuh becak. Wahana tersebut telah terdapat semenjak tahun 2013, penciptanya yakni kusir andong yang bergeser jadi tukang becak.

Sebab mau dirubah jadi suatu wahana serta bisa menampung banyak, kesimpulannya didesain sedemikian rupa serta dipasang lampu sebab di malam hari.


4. Kuliner Enak

Sehabis letih bermain odong- odong, isi kembali tenagamu dengan melancong kuliner yang tersebar di dekat Alkid, mulai dari santapan berat sampai jajanan- jajanan ringan.

Buat kalian yang mau ngopi, tidak jauh dari posisi Alun- Alun Selatan ini ada suatu cafe yang bernama Cafe Keroncong Alkid, cocok namanya cafe mau menghibur wisatawan yang tiba dengan alunan musik keroncong.


Penginapan

Di Yogyakarta banyak sekali penginapan, hotel ataupun homestay yang tidak jauh dari tempat wisata. Harga yang ditawarkan juga tidak sangat menghabiskan kantong, berikut sebagian rujukan hotel ataupun penginapan buat kalian yang mencari penginapan dekat dengan Alun- Alun Kidul Yogyakarta:

Rumah Roso Homestay, jarak dari Alkid cuma dekat 300 m saja harga yang ditawarkan juga cuma Rp. 120. 000 per malam. Sarana yang hendak kalian miliki ialah kamar ber AC, Wifi, dan kamar mandi bersama.

Penginapan Pugeran, sarana yang ada di penginapan ini antara lain Televisi, dispenser, kamar mandi di dalam, serta kipas angin. Penginapan ini berjarak dekat 1 kilometer dari Alkid Yogyakarta. Harga yang ditawarkan sangat murah, ialah cuma Rp. 70. 000 hingga Rp. 90. 000 per malamnya.

Hotel Puspita, harga yang ditawarkannya dekat Rp. 100. 000an per malamnya. Dengan sarana yang dapat kalian miliki antara lain Televisi, AC, dan kamar mandi di dalam. Jarak dari Alkid dekat 500 m saja.


Penutup

Yogyakarta memanglah ialah tempat wisata budaya yang luar biasa, banyak perihal yang bisa kita temui kala mendatangi Kota Istimewa yang satu ini.

Kala terletak di Yogyakarta luangkan waktu buat mendatangi Alun- Alun Kidul ataupun Alun- Alun Selatan ini, serta cobalah melaksanakan Ritual Laku Masangin.


Posting Komentar untuk "Alun-Alun Kidul Wisata Ketika Di Jogja"